apa khasiat daun salam? ternyata luar biasa

Apa Khasiat Daun Salam? Ternyata Luar Biasa.

By
Bagikan:

Dapetinfo.com – Daun salam adalah salah satu rempah yang sering digunakan untuk pelengkap dan penyedap masakan. Tapi selain untuk keperluan memasak daun salam juga memiliki manfaat lain yaitu untuk kesehatan. Apa khasiat daun salam bagi kesehatan? Akan kita kupas dalam artikel ini.

Nama latin pohon salam adalah syzygium polyanthum, tanaman ini dapat tumbuh sangat tinggi hingga mencapai puluhan meter. Pohon salam bisa hidup secara liar di hutan atau tumbuh di halaman rumah.

Ciri khas dari daun tanaman salam yaitu aromanya yang harum. Zat-zat yang terkandung dalam daun salam dipercaya mampu mengatasi bermacam masalah kesehatan dengan cara alami.

Daun salam memiliki manfaat sebagai antiseptik, antioksidan dan anti kanker. Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan asam laurat dan beberapa komponen aktif lainnya.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Muka, Mudah dan Murah.

Kandungan Daun Salam

Daun salam mengandung senyawa salisilat, fitonutrien dan asam caffeic yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu daun salam juga mengandung nutrisi yang melimpah. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun salam:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Folat
  • Niacin
  • Pyridoxine
  • Riboflavin
  • Zinc
  • Fosfor
  • Sodium
  • Potassium
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium

Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, maka tak heran jika daun salam bermanfaat banyak bagi tubuh manusia. Setelah mengetahui kandungan daun salam yang kaya mineral, maka timbullah pertanyaan apa khasiat daun salam bagi kesehatan tubuh? Untuk tahu jawabannya, yuk mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Apa Khasiat Daun Salam?

Banyaknya kandungan nutrisi dalam daun salam sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita. Berikut adalah beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan:

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan senyawa salisilat, fitonutrien dan asam caffeic membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke.

Minum air rebusan daun salam bisa memperkuat dinding kapiler di jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh.

Baca juga: Khasiat Kencur Untuk Suara, Hasilnya Suara Merdu dan Indah.

Menjaga kesehatan pencernaan

Daun salam mempunyai dampak yang cukup kuat pada sistem pencernaan. Sangat baik merangsang tubuh untuk buang air kecil, yang berarti menurunkan kadar racun dalam tubuh. Dan dapat juga merangsang otot di perut untuk muntah saat ada racun yang masuk ke dalam perut.

Senyawa organik yang terkandung dalam daun salam sangat efektif untuk meredakan sakit perut. Selain itu, baik pula dalam meredakan iritasi usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac.

Mengobati diabetes

Rebusan daun salam mampu menekan kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserida dalam darah, sehingga dapat membantu menyembuhkan diabetes tipe 2.

Kandungan antioksidan dalam daun salam membantu tubuh dalam memproses insulin secara efisien, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid dalam daun salam ternyata bisa membantu tubuh mengontrol tekanan darah.

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Mencegah kanker

Selain mengandung antioksidan, daun salam juga mengandung senyawa organik lainnya, fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Kombinasi dari kandungan daun salam ini mampu menekan radikal bebas.

Radikal bebas menyebabkan sel-sel normal bermutasi menjadi sel kanker. Kombinasi antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, mampu menekan pertumbuhan sel kanker serviks dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

Baca juga: Khasiat Jahe Merah Untuk Asam Urat, Mujarab.

Meredakan gangguan pernapasan

Daun salam bisa ditumbuk halus kemudian dioleskan di dada lalu dibiarkan semalaman untuk membantu meringankan gangguan saluran pernapasan.

Menghirup aroma daun salam memiliki khasiat yang mirip dengan aromaterapi. Yaitu dapat membantu meluruhkan dahak dan membersihkan bakteri yang mungkin masuk ke saluran pernapasan.

Mengatasi asam urat

Karena mengandung zat anti inflamasi, manfaat lainnya dari daun salam adalah bisa meredakan rasa sakit pada kaki yang keseleo, radang sendi, asam urat tinggi dan masalah sendi lainnya.

Daun salam memiliki kandungan fitonutrien yang disebut parthenolide yang mampu meredakan peradangan dan iritasi di seluruh tubuh. Ini merupakan satu dari banyak khasiat utama yang dimiliki oleh daun salam.

Untuk mendapatkan manfaat daun salam untuk asam urat, sediakan daun salam dan daun jarak beberapa lembar kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada sendi yang mengalami peradangan dan biarkan sampai terasa manfaatnya.

Mengatasi kecemasan dan stres

Seperti yang sudah disampaikan, daun salam bisa digunakan sebagai aromaterapi.

Kandungan linalool dalam daun salam bermanfaat untuk menekan hormon penyebab stres. Dengan demikian, rasa cemas, tertekan dan gangguan psikologis ringan lainnya dapat terobati.

Menyehatkan rambut

Bagi anda yang mengalami masalah kesehatan rambut, daun salam adalah solusinya.

Anda dapat merebus daun salam dan air rebusannya yang telah dingin bisa dioleskan pada kulit kepala setelah keramas.

Kandungan nutrisi dan senyawa alami dalam daun salam mampu menyehatkan folikel rambut dan menghilangkan ketombe serta menjaga kelembaban kulit kepala.

Membantu menjaga fungsi saraf

Baca juga: Khasiat Seledri Untuk Pria, Tidak Banyak Orang Tahu.

Air rebusan daun salam yang kaya nutrisi seperti vitamin C dan magnesium, berkhasiat dalam menjaga fungsi sistem saraf dan metabolisme tubuh.

Vitamin C berperan dalam anti penuaan sistem saraf sedangkan magnesium membantu menenangkan saraf.

Mengatasi masalah haid

Kandungan zat besi, serat dan beberapa jenis vitamin dalam daun salam dapat menyeimbangkan hormon dan membantu memperlancar siklus haid bagi wanita.

Selain itu, air rebusan daun salam berkhasiat mengatasi kram perut dan penggumpalan darah haid, sehingga memperlancar proses pengeluaran darah selama masa haid.

Mencegah insomnia

Daun salam memiliki khasiat untuk menenangkan, daun ini juga bermanfaat untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia.

Jika anda mengalami sulit tidur di malam hari, rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam sebelum tidur akan sangat membantu anda.

Itulah beberapa dari sekian banyak khasiat daun salam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Sekarang mari kita cari tahu cara membuat air rebusan daun salam.

Cara Membuat Rebusan Daun Salam

Untuk mendapatkan manfaat dari daun salam, anda harus membuat air rebusannya terlebih dahulu. 

Bagaimanakah cara membuat air rebusan daun salam? Pertama siapkan 3 gelas air putih dan 10 lembar daun salam segar. Kemudian masukan 3 gelas air ke dalam panci dan didihkan, lalu masukan 10 lembar daun salam tadi. 

Biarkan hingga airnya menyusut dan hanya menyisakan kurang lebih 1 gelas saja, setelah itu tiriskan dan air rebusan daun salam pun siap untuk diminum.

Lakukanlah secara rutin setiap hari dan anda akan merasakan manfaatnya.

Baca juga: Khasiat Lemon Untuk Kanker, Bisa Diminum Setiap Hari.

Efek Samping Daun Salam

Daun salam tidak bisa dikonsumsi langsung atau dikunyah kemudian ditelan karena daun salam memang tidak bisa dicerna, bila ini terjadi dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan atas atau bawah. 

Walaupun daun salam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi perlu diingat bahwa daun salam juga memiliki efek samping bila dikonsumsi oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu. 

Khasiat daun salam yang bisa menurunkan kadar gula darah dikhawatirkan dapat menurunkan kadar gula darah secara berlebih dan tidak terkontrol, alangkah baiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, sebelum merebus daun salam, pastikan setiap lembarnya dicuci dengan bersih agar bebas dari kotoran. Semoga bermanfaat.(*)

Bagikan: