manfaat air kelapa buat ibu hamil, sangat membantu

Manfaat Air Kelapa Buat Ibu Hamil, Sangat Membantu.

By
Bagikan:

Dapetinfo.com – Pohon kelapa adalah tanaman yang tumbuh didaerah tropis dan subtropis. Tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia dan sering diambil manfaatnya. Tanaman yang memiliki nama latin cocos nucifera ini bisa dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya, mulai dari batang, daun, kulit buah dan buahnya sendiri, termasuk air yang ada di dalam buahnya. Nah air kelapa ini kaya akan nutrisi dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, terutama ibu hamil. Nah kali ini kita akan kupas apa manfaat air kelapa buat ibu hamil.

Baca juga: Khasiat Lemon Untuk Kanker, Bisa Diminum Setiap Hari.

Kandungan Air Kelapa

Bagi anda yang belum tahu apa saja kandungan air kelapa, inilah kandungannya: air (95%), karbohidrat (gula dan serat), lemak, protein, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat dan vitamin C. Selain itu, air kelapa juga mengandung mineral diantaranya kalsium, zat besi, sodium, kalium, natrium, magnesium, fosfor dan zinc. 

Nutrisi dan gizi yang terkandung dalam air kelapa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin dalam perutnya. Air kelapa adalah cairan isotonik yang banyak mengandung elektrolit sehingga ibu hamil dan bayinya akan terhidrasi dan tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya. 

Baca juga: Khasiat Jahe Merah Untuk Asam Urat, Mujarab.

Manfaat Air Kelapa Buat Ibu Hamil

Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil berpeluang mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan sampai yang cukup berat. 

Dengan mengonsumsi air kelapa, masalah yang dialami ibu hamil selama periode kehamilan bisa diatasi. Tapi tak hanya mengatasi masalah yang muncul selama masa kehamilan saja, ada juga manfaat lainnya. Apa saja itu? Mari kita simak pembahasannya berikut ini:

Menambah Energi

Air kelapa selain menyegarkan, juga bisa meningkatkan energi bagi siapa saja yang meminumnya.

Kandungan lemak, protein dan karbohidrat yang terdiri dari gula dan serat pangan, memberikan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga aktivitas keseharian bisa berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Pria, Apakah Anda Sudah Tahu?

Mengganti Cairan Tubuh Dan Elektrolit Yang Hilang

Pada masa awal kehamilan biasanya ibu hamil sering mengalami morning sickness. Tanpa disadari elektrolit alami tubuh ikut terbuang saat terjadi morning sickness. Disinilah peran air kelapa untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang terbuang, sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium dan magnesium. 

Perlu diingat, jangan sampai tubuh ibu hamil mengalami dehidrasi karena bisa berbahaya bagi jabang bayi.

Manfaat Air Kelapa Buat ibu Hamil bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, air kelapa bisa membantu menurunkannya. Kandungan potasium dalam air kelapa berkontribusi dalam mengatur aliran dan tekanan darah ibu hamil. 

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi air kelapa selama dua minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada ibu hamil. Tapi tentu saja air kelapa tidak dapat dijadikan pengganti pengobatan tekanan darah tinggi atau preeklamsia pada ibu hamil. Konsultasikanlah dengan dokter anda mengenai pengobatan terbaik untuk kondisi tersebut. 

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Muka, Mudah dan Murah.

Manfaat Air Kelapa Buat ibu Hamil Bisa Mengatasi Naiknya Asam Lambung

Gangguan lambung yang berhubungan dengan kehamilan sering kali terjadi pada ibu hamil. Saat perut sudah mulai membesar, dan progesteron membuat katup kerongkongan bagian bawah (sfingter) melemah, maka cairan lambung dapat naik ke kerongkongan (acid refluks) dan menyebabkan ketidaknyamanan dan sendawa asam yang tidak menyenangkan. 

Beberapa ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa dengan cara diminum sedikit-sedikit, membuktikan bahwa hal tersebut dapat meredakan masalah lambung atau acid refluks selama masa kehamilan. Namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. 

Menyumbang Nutrisi Untuk perkembangan Janin

Betapa pentingnya vitamin dan mineral untuk perkembangan bayi anda. Dalam hal ini, air kelapa memberikan sumbangan kalsium dan magnesium untuk perkembangan bayi. 

Selama masa kehamilan, asupan kalsium untuk ibu hamil harus diperhatikan, karena kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi. Sedangkan magnesium memiliki keterkaitan dengan peningkatan berat badan bayi saat lahir dan membantu menurunkan resiko preeklamsia pada ibu hamil. 

Baca juga: Manfaat Timun Rebus Untuk Kesehatan, Patut Dicoba.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Manfaat air kelapa memang cukup banyak bagi ibu hamil atau bagi siapa saja yang meminumnya. Tapi tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. 

Yang pertama adalah jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Apapun itu jika berlebihan akan berdampak tidak baik bagi tubuh, bahkan bisa menjadi racun.

Selanjutnya pastikan air kelapa yang diminum bukan air kelapa dalam kemasan atau minuman rasa air kelapa, tapi harus air kelapa asli agar manfaatnya bisa terasa. Akan lebih baik jika air kelapa yang baru dikupas langsung diminum. 

Kemudian bagi ibu hamil yang tidak menyukai air kelapa, tidak perlu memaksakan untuk meminumnya. Masih banyak sumber nutrisi lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Konsultasikan dengan dokter anda untuk sumber nutrisi yang baik untuk kehamilan. 

Baca juga: Apa Khasiat Daun Salam? Ternyata Luar Biasa.


Air kelapa mungkin tidak akan membuat kehamilan anda menjadi sempurna. Air kelapa tidak bisa menghilangkan stretch mark, menyembuhkan sembelit, atau membuat suasana hati anda tetap senang. Akan tetapi air kelapa bisa dijadikan minuman yang menghidrasi dan menyegarkan serta aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Itulah sedikit informasi tentang manfaat air kelapa buat ibu hamil, semoga bermanfaat.(*)

Bagikan: