manfaat buah pisang untuk kesehatan, murah, hasilnya mahal

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan, Murah, Hasilnya Mahal.

By
Bagikan:

Buah pisang bisa dengan mudah kita temukan disekitar kita. Rasanya tidak terlalu manis tapi enak dan menyehatkan. Tapi apakah anda tahu manfaat buah pisang untuk kesehatan? Jika anda belum tahu atau tahu sedikit saja, maka tulisan ini akan memberikan informasi lebih jauh tentang manfaat pisang.

Pisang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, dimana nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan jantung.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Buat Ibu Hamil, Sangat Membantu.

Selain itu, buah ini juga sangat bermanfaat untuk anda yang mempunyai program menurunkan berat badan. Karena selain bergizi, pisang bisa dijadikan sebagai makan ringan pengganti cemilan lain yang tidak ramah berat badan.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai manfaat buah pisang, mari kita simak uraian di bawah ini:

Buah Pisang Mengandung Banyak Nutrisi Penting Untuk Tubuh

Buah pisang mengandung beberapa antioksidan dan serat yang cukup banyak. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, lemak, protein, kalium, magnesium, tembaga dan mangan.

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Pria, Apakah Anda Sudah Tahu?

Kandungan karbohidrat pisang mentah dan pisang hijau kebanyakan terdiri dari pati dan pati resisten, yang kemudian akan berubah menjadi glukosa, fruktosa dan sukrosa saat pisang telah matang.

Sebuah pisang rata-rata hanya mengandung sekitar 105 kalori yang terdiri dari air dan karbohidrat. Kandungan protein dalam pisang sangat sedikit sekitar 1,3 gram, begitu pula dengan kandungan lemak yang hanya sekitar 0.4 gram saja.

Pisang Mengandung Nutrisi Yang Menstabilkan Kadar Gula Darah

Pisang banyak mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang membentuk kekenyalan pada daging buah pisang.

Pektin dan pati resisten dalam pisang dapat menstabilkan kadar gula darah sehabis makan. Selain itu, kedua zat tersebut dapat menurunkan hasrat untuk makan akibat lambatnya proses pengosongan perut.

Baca juga: Manfaat Timun Rebus Untuk Kesehatan, Patut Dicoba.

Pisang tidak mengakibatkan peningkatan besar kadar gula darah bagi orang yang sehat. Akan tetapi akan berbeda sekali dengan penderita diabetes tipe 2, sangat disarankan untuk tidak makan pisang yang sudah matang terlalu banyak. Karena kandungan glukosa pisang yang sudah matang cukup tinggi untuk penderita diabetes tipe 2.

Manfaat Buah Pisang Untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat pangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan pencernaan.

Buah pisang adalah sumber serat pangan yang baik, karena buah ini rata-rata mengandung sekitar 3 gram serat pangan.

Pisang terdiri dari 2 serat utama yaitu pektin yang jumlahnya akan berkurang seiring kematangannya, dan pati resisten yang banyak ditemukan di pisang yang belum matang.

Baca juga: Khasiat Jahe Merah Untuk Asam Urat, Mujarab.

Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan, ternyata pektin memiliki khasiat untuk melindungi usus besar dari kanker.

Kemudian pati resisten yang masuk ke perut tidak akan dicerna dan akan tetap menjadi pati resisten di usus besar.

Dan ternyata pati resisten adalah makanan bagi bakteri yang menguntungkan dalam usus besar. Sehingga kelangsungan hidup bakteri yang menguntungkan dalam usus besar tetap terjaga.

Pisang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kalori yang terkandung dalam pisang jumlahnya relatif sedikit hanya sekitar 105 kalori saja, tapi memiliki banyak gizi dan mengenyangkan. 

Banyak mengonsumsi serat dari sayuran dan buah-buahan seperti pisang sering kali dikaitkan dengan tubuh langsing dan penurunan berat badan.

Baca juga: Khasiat Seledri Untuk Pria, Tidak Banyak Orang Tahu.

Kandungan pati resisten dalam pisang yang belum matang membuat perut terasa penuh dan mengenyangkan, sehingga menurunkan hasrat untuk makan. 

Belum ada penelitian khusus yang menguji dampak langsung pisang terhadap penurunan berat badan. Akan tetapi, pisang memiliki ciri sebagai buah yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Pisang Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pisang adalah salah satu sumber kalium yang baik, kandungan kalium dalam sebuah pisang rata-rata sekitar 10 gram, bisa kurang atau lebih tergantung dari ukurannya. 

Kalium adalah mineral yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang normal tentu saja sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. 

Baca juga: Apa Khasiat Daun Salam? Ternyata Luar Biasa.

Dengan mengonsumsi kalium dalam jumlah yang cukup, dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 27%.

Selain itu, pisang juga mengandung mineral lain yaitu magnesium. Mineral ini sama-sama memiliki peran yang penting untuk kesehatan jantung.

Pisang Banyak Mengandung Antioksidan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber antioksidan yang sangat baik, begitu pula buah pisang. Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan yang kuat yaitu dopamin dan katekin. 

Kedua jenis antioksidan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti penurunan resiko penyakit jantung, penyakit degeneratif dan penyakit lainnya yang timbul dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Muka, Mudah dan Murah.

Manfaat Buah Pisang Untuk Meningkatkan Kesehatan Ginjal

sudah bahas sebelumnya bahwa kalium memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, kalium juga tak kalah pentingnya bagi kesehatan ginjal. 

Sebagai sumber kalium yang baik, pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. 

Sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa konsumsi pisang 2 sampai 3 kali dalam satu minggu dapat menurunkan resiko berkembangnya penyakit ginjal sebesar 33%.

Catatan studi ilmiah lainnya menunjukan bahwa konsumsi pisang 4 sampai 6 kali dalam satu minggu mampu menekan hampir 50% resiko berkembangnya penyakit ginjal dibanding mereka yang tidak makan buah pisang.

Baca juga: Khasiat Kencur Untuk Suara, Hasilnya Suara Merdu dan Indah.

Pisang Memiliki Manfaat Untuk Olahraga

Buah ini sering kali disarankan untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga karena kandungan gizi dan mineralnya yang mudah dirubah menjadi energi. 

Mengonsumsi pisang sebelum berolahraga juga dapat mengurangi resiko terjadinya kram dan nyeri otot.

Kram bisa terjadi karena kombinasi dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit tubuh.

Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukan bahwa ada manfaat dan keterkaitan antara kram dan buah pisang, sementara penelitian lainnya tidak. 

Walaupun begitu, tetap saja pisang memberikan banyak manfaat baik sebelum dan sesudah berolahraga. 

Baca juga: Khasiat Lemon Untuk Kanker, Bisa Diminum Setiap Hari.


Nah itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. 

Harganya yang relatif murah dibanding manfaatnya, kemudian kemudahan dalam mendapatkannya membuat buah ini sangat baik untuk dijadikan santapan harian kita. 

Tak hanya pisang, alangkah baiknya jika anda mengonsumsi buah lainnya dan juga sayuran untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Dan jangan lupa, paksakan meluangkan waktu untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu. Akan lebih baik jika anda bisa melakukannya setiap hari, cukup 30 menit saja. Semoga bermanfaat.(*)

Bagikan: